MCB C32N



MCB C32N adalah salah satu jenis MCB yang dikasih kode C32N pada bodi MCB tersebut. Contoh gambarnya seperti ini :

MCB C32N

Di gambar terlihat, MCB yang Saya maksud adalah yang berada di paling kanan. Coba perhatikan, ada tulisan C32N di bagian atas MCB. Sekarang, mari kita bahas kode dan simbol yang tertulis di bodi MCB tersebut.

Angka 1 dan 2
Ini adalah simbol dari fungsi MCB sebagai perlindungan beban penuh dan hubungan pendek. Dari gambar, ini juga menjelaskan bahwa MCB ini adalah 1 pole/pole karena hanya ada 1 simbol. Jika ada dua simbol berdampingan, maka MCB tersebut termasuk 2 kutub. Yang biasa digunakan di perumahan adalah jenis MCB 1 pole.

C32N
Adalah nomor MCB yang ditentukan oleh pabrikan MCB. Pabrikan lain berarti nomornya juga lain. Selain itu, nomor ini menunjukkan bahwa MCB yang diproduksi adalah MCB untuk kebutuhan perumahan umum.

CL6
Kode ini menjelaskan kurva tripping MCB, yang merupakan tipe "CL" dengan proteksi trip magnetik dan angka 6 adalah peringkat arus MCB yakni sebesar 6A. Besaran arus ini adalah kode yang paling penting di MCB dan berguna saat membeli MCB.

230/400V
Menjelaskan peringkat tegangan dalam operasi MCB, yaitu 230V atau 400V sesuai dengan tegangan listrik 220V.

6000 dan 3
6000 menunjukkan pengenal kapasitas putus MCB, yang merupakan kemampuan kerja MCB masih bagus untuk arus maksimum 6000A, yang biasanya terjadi ketika korsleting arus listrik. Di mana di atas angka ini, MCB akan berpotensi rusak. Dan angka "3" adalah klasifikasi I2t, yang merupakan karakteristik energi maksimum dari arus listrik yang dapat melalui MCB.

LMK; SPLN 108
Menunjukkan bahwa MCB ini telah lulus ujian di LMK PLN (LMK: Lembaga Masalah Kelistrikan). Sementara kode berikutnya menyatakan bahwa MCB dibuat dengan mengacu pada standar teknis yang ditetapkan baik secara nasional maupun internasional.

I/I-ON pada sakelar
Menunjukkan bahwa MCB dalam posisi "ON". Untuk posisi "OFF", simbolnya adalah O-OFF/O.

Bagi Anda yang merasa tidak terbiasa dengan listrik, terutama tentang MCB ini, Anda tidak perlu repot untuk memahami papan nama MCB. Yang paling penting dalam memilih MCB yang ingin Anda beli adalah kode peringkat arus MCB yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti dalam contoh di atas, ada kode "CL6", yang merupakan peringkat arus MCB yaitu 6A. Kode lain yang perlu dipertimbangkan adalah kode "LMK", yang berarti bahwa produk ini memenuhi standar ini.

Contoh lain selain MCB C32N CL6, ada juga MCB C32N Cl4. Ini menunjukkan bahwa rating arusnya maksimal 14 Ampere. Kalau MCB C32N Cl2 berapa ampere ? Jawabannya 12 Ampere. Jadi paha sekarang kan ?

Salah dalam memilih MCB tentunya akan berakibat fatal dalam operasional sebuah alat listrik. Misalnya kita butuh MCB buat pompa dengan kekuatan 500 Watt, maka dibutuhkan MCB dengan rating arus minimal 4 A. Jika kita memakai MCB yang 2 A, maka MCB akan jeklek karena tak kuat menahan beban kerja pompa.

MCB C32N ini banyak dijual di pasar online Indonesia. Sebagai contoh di Bukalapak dan Tokopedia, harga MCB C32N 4A sampai 10A 1 phase, Merin Gerin adalah Rp. 60.000.

Demikian yang bisa Saya sampaikan mengenai kode MCB C32N. Selanjutnya baca pula artikel lain tentang :
mcb 10 ampere untuk berapa watt
ukuran mcb listrik
cara merubah ampere mcb
mcb c32n cl 35 berapa watt


Tag : mcb c32n
Back To Top