MCB Listrik 900 Watt Berapa Ampere ? MCB 4 Ampere Berapa Watt ?


MCB TERLARIS
MCB Merlin Gerin Biru
MCB Box 1 Fasa
MCB SZMR
MCB Chint
MCB Schneider Biru
MCB New Pallas
MCB Box Broco 1 Phase


Jika MCB listrik 900 watt, mcb berapa ampere yang dibutuhkan untuk mengamankan pemakaian listrik di rumah ? Untuk menjawabnya Anda hanya membutuhkan sebuah rumus yang sangat sederhana.

Kita tahu bahwa pemakaian listrik setiap rumah akan berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan listrik yang di butuhkan. Keperluan jumlah daya listrik di rumah, sebetulnya dapat dihitung dengan berdasar kepada seberapa banyak jumlah perangkat elektronik yang ada di rumah kita, dan setiap pemasangan listrik dari PLN pasti sudah satu paket dengan adanya MCB atau Miniatur Circuit Breaker.

MCB ini memiliki fungsi penting salah satunya adalah sebagai pengaman saat terjadinya kelebihan arus listrik atau arus hubungan pendek. MCB sendiri memiliki bentuk yang kecil yang biasanya sudah terpasang bersama dengan meteran dari PLN. Dengan besaran MCB listrik yang bervariasi antara 2, 3, 4, 6 hingga 10 Ampere.

Kasus terjadinya kelebihan arus listrik pada sebuah meteran atau instalasi listrik adalah kasus di mana pemakaian listrik yang digunakan memiliki beban melebihi besaran daya yang dimiliki meteran tersebut. Meteran akan langsung mati sehingga tidak terjadi berbagai bahaya yang bisa menyebabkan arus pendek atau bahaya lainnya pada instalasi listrik yang ada di rumah tersebut.

Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk menggunakan meteran berapa watt maka anda harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira berapa jumlah alat elektronik yang akan anda gunakan dalam rumah tersebut. Keuntungannya adalah kita dapat menggunakan listrik secara leluasa tanpa takut terjadinya overload.

Berdasarkan pengalman sebagai operator teknik di sebuah perusahaan, untuk peenggunaan listrik dengan beban 900 watt umumnya memakai MCB dengan besaran 6 ampere. Darimana angka tersebut didapatkan ?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui beberapa hal penting yang diperlukan dalam menghitung jumlah ampere untuk MCB. Diantaranya adalah jumlah daya atau tenaga listrik yang digunakan, tegangan atau voltase dalam satuan volt, dan Intensitas atau arus listrik dalam satuan ampere.

Setelah Anda mengetahui beberapa elemen yang dibutuhkan dalam perhitungan maka selanjutnya Anda dapat menghitung jumlah MCB yang dibutuhkan di rumah Anda.

Jika diketahui bahwa tenaga listriknya 900 watt (va) dan voltase arus 220 volt maka kita akan menggunakan rumus I = PxV. Berarti cara menghitungnya adalah untuk menemukan besaran Intensity dengan menghitung :

I = 900 / 220 v = 4,09 Ampere.

MCB Listrik 900 Watt Berapa Ampere ?

Baca juga : 

Melihat hasil dari penghitungan di atas, maka kita bisa memperkirakan berapa besaran MCB yang dibutuhkan dan dalam hal ini kita membutuhkan MCB dengan ukuran 4,09 Ampere. Tetapi kita tidak dapat memakai MCB dengan ukuran 4 Ampere sebab jika saja terjadi overload, maka seketika itu juga meteran tidak berfungsi.

Disamping itu, tegangan real jika diukur dengan avometer biasanya menunjuk angka 200 volt bahkan kurang. Maka harus dipilih pemakaian MCB untuk daya listrik 900 watt dengan nilai di atasnya yakni sebesar 6 ampere.

Baca pula artikel lainnya tentang :
harga mcb 4 ampere
- harga mcb listrik 900 watt
- 1300 watt berapa ampere
- ukuran ampere mcb listrik
- mcb listrik yang bagus


Back To Top