Listrik 1300 Watt Berapa Ampere MCB Yang Dipakai


MCB TERLARIS
MCB Merlin Gerin Biru
MCB Box 1 Fasa
MCB SZMR
MCB Chint
MCB Schneider Biru
MCB New Pallas
MCB Box Broco 1 Phase


Sebetulnya artikel berjudul listrik 1300 watt berapa ampere pakai mcbnya ini adalah tutorial bagaimana cara menentukan besaran mcb yang diperlukan untuk jumlah daya tertentu pula dalam hal ini contohnya mcb untuk rumah 1300 watt. Angka 1300 watt hanya sebagai contoh saja sehingga nanti jika Anda sudah faham rumusnya, berapa pun besar daya, maka Anda bisa mengetahui berapa besar ukuran ampere MCB listrik yang harus dipakai.

Kita tentu tahu MCB yang biasanya dipasang sebagai pengaman instalasi listrik di rumah dengan berbagai ukuran. Nilai Ampere MCB yang umum digunakan di rumah adalah MCB 2A (ampere), MCB 3A, MCB 4A, MCB 6A, MCB 10A, dan berbagai ukuran ampere lainnya.

MCB dipasang di KWHmeter, biasanya selain berfungsi sebagai pengaman dalam hal korsleting (hubung singkat) juga untuk membatasi beban atau tenaga listrik yang kita gunakan di rumah. Jumlah MCB yang terpasang oleh PLN di KWHmeter di rumah kita akan disesuaikan dengan daya listrik terpasang.

Misalnya, jika listrik yang kita pasang dari PLN memiliki kekuatan 1300VA, maka MCB yang biasa dipasang adalah MCB 6 Ampere. Dari mana angka 6 Ampere itu diperoleh ? Berapa dan bagaimana cara menentukan ukuran MCB yang digunakan di rumah2 ?

Untuk mengetahui berapa besar ampere MCB yang dipasang, tentunya ada perhitungan sehingga tenaga listrik terpasang bisa kompatibel dengan penggunaan tenaga listrik di rumah kita.

Karena biasanya listrik yang kita gunakan adalah AC 1 phase listrik, maka gunakan rumus perhitungan listrik listrik 1 fase 1, yaitu:

P = V x I

Dimana,
P (Power) adalah daya dengan satuan unit VA atau Watt
V (Voltage) adalah Voltase atau tegangan dengan satuan Volt.
I (Intensitas) adalah arus listrik dengan satuan Ampere.

1300 Watt Berapa Ampere
Jika listrik yang terpasang di rumah kita mempunyai daya 1300VA, voltase yang digunakan adalah 220 Volt, maka Ampere MCB yang digunakan sebagai penghalang atau pengaman adalah:

P = V x I

Karena yang kita cari adalah arus, maka rumusnya adalah:

I = P / V

I = 1.300VA / 220 volt
I = 5,9 Ampere (dibulatkan menjadi 6 Ampere)

Sehingga listrik dengan daya 1300VA itu bisa menggunakan MCB 6 Ampere.

Listrik 1300 Watt pakai MCB Berapa Ampere

MCB listrik 1300 Watt

Begitu juga jika kita akan memasang MCB lainnya untuk peralatan kita di rumah. Maka kita harus menghitung dulu berapa total daya yang digunakan. Misalnya, jika peralatan listrik yang kita gunakan adalah:

Lampu 40 Watt sebanyak 10 buah.
Daya totalnya adalah 10 x 40 watt = 400 watt

Kulkas 150 watt  sebanyak 1 buah
Daya totalnya adalah 1 x 150 watt = 125 watt

Rice cooker 300 watt  sebanyak 1 buah
Daya totalnya adalah 300 watt

Setrika 300 watt 1 buah
Daya totalnya adalah 300 watt

Televisi 90 watt sebanyak 2 buah
Daya totalnya adalah 1 x 90 watt = 180 watt

Seandainya MCB dari PLN 6 Ampere, maka bisa kita bagi lagi arusnya menjadi 3 dengan 3 buah MCB yang besarnya masing-masing 2 Ampere. Setiap 2 Ampere ini hanya melewatkan daya maksimal 440 watt. Dengan demikian untuk instalasi listriknya bisa dibagi 3 zona mcb yaitu :
- MCB 1 untuk lampu dengan total daya 400 watt
- MCB 2 untuk kulkas dan rice cooker dengan total daya 425 Watt
- MCB 3 untuk setrika dan tv dengan total daya 390 Watt.

Tujuannya adalah ketika terjadi konsluiting, maka hanya MCB itu yang putus, bukan MCB PLN yang 6 Ampere, sehingga tidak mengganggu zona lainnya. Misalnya jika ada masalah kabel atau konsluiting di zona MCB lampu, maka yang putus adalah MCB lampu, sementara MCB untuk rice cooker dan TV tetap ON.

Harus diingat bahwa batas nilai MCB harus di atas nilai daya yang digunakan. Jika nilai daya digunakan lebih besar dari daya MCB, maka MCB tidak akan kuat menahan beban dan akhirnya terpurus atau trip atau ngejeklek.

Baca pula :

Tonton juga video tentang perbedaan va dan watt.



Back To Top