Cara Pasang MCB Listrik



Untuk mengetahui bagaimana cara pasang MCB listrik, sebenarnya Sobat bisa megetahuinya dari Youtube. Cuman ada juga sebagian orang yang lebih suka membaca tutorial yang dilengkapi dengan gambar.

Tutiral cara pasang MCB ini berbeda dengan tutorial cara memasang MCB pengganti sekring yang telah Kami bahas pada artikel kemarin. Artikel tersebut sebetulnya lebih pas bagi mereka yang sedang mencari informasi seputar cara membagi arus listrik dengan MCB, sebab mengganti sekring dengan MCB tidak efektif kecuali kalau arus dari MCB-nya besar dan dibagi-bagi lagi menjadi beberapa proup jaringan aau instalasi penggunaan.

Jadi, artikel tersebut bisa juga dipakai sebagai tutorial cara memasang MCB 2 group atau lebih dari jaringan instalasi dalam rumah.

Misalnya kalau kita punya MCB listrik 900 watt atau MCB asli PLN 8 Ampere, maka bisa kita bagi-bagi arusnya, misalnya 2 Ampere MCB 1 untuk penerangan, 2 Ampere MCB 2 untuk setrika, 2 Ampere MCB 3 untuk penanank nasi dan dispenser dan 2 Ampere MCB 4 untuk pompa listrik.

Cara pasang MCB ini tidak berbeda apakah MCB-nya itu baru atau kita mau mengganti. Hanya saja untuk yang pemasangan baru, memang kita harus juga memasang box MCB-nya terlebih dahulu.

Cara Pasang Box MCB di Tembok

Box MCB adalah kotak plastik yang merupakan tempat rumahnya MCB. Tujuan memakai MCB Box ini adalah untuk pengamanan dan supaya MCB tidak lepas atau goyah. Langkah-langkahnya adalah siapkan terlebih dahulu box MCB-nya.

Cara Pasang MCB Listrik


Cek dan periksa kelengkapan di dalamnya.


Siapkan jalur kabel untuk pemasangan MCB baru tersebut.


Masukkan kabel ke bagian lubang yang ada di kedua ujung MCB masing-masing 1 pasang kabel


Gunakan paku beton untuk memaku box MCB ke tembok atau paku biasa jika dipasang di kayu. Hasilnya seperti ini :


Sambungkan salah satu kabel tersebut ke MCB, yakni kabel yang berarus listrik, masing-masing untuk input dan outputnya. Test pakai test pen. Sementara kabel hitam umumnya adalah kabel ground. Hubungkan ke dua kabel hitam di dalam box tersebut melalui terminal yang ada atau bisa langsung dari kabel ke kabel jika tidak ada terminalnya.


Jika di box MCB ada kabel lampu untuk indikator dengan 2 kabel, maka kabel tersebut yang satu dipasang ke ground dan yang satu lagi ke phasa. Hasilnya akan seperti ini:


Pasang MCB di dudukan box.


Kemudian tutup box MCB dengan covernya.


Selesai dan inilah penampakannya :


(Gambar : youtube.com/watch?v=ixkTuwm4zEE)

Sementara untuk yang pemasangan karena mengganti MCB, maka cukup mengetahui cara membuka box MCB listrik. Buka mur dari box MCB menggunakan obeng. Buka kedua kutub mur dari MCB yang menjempit kabel.


Lalu lepaskan MCB dengan menarik tuas penjempit yang ada di bagian bawah MCB dengan obeng.

Cara Pasang MCB Listrik

Setelah itu pasang MCB baru pada dudukannya dan masukkan kembali kabel pada MCB baru tersebut dengan menjempitnya kembali pakai mur. Pasang kembali tutup box tersebut dan selesai.

Cara Pasang MCB 3 Phase

Cara pasang MCB di atas langkahnya sama untuk semua jenis MCB, baik itu MCB 1 phase maupun 3 phase. Hanya saja jumlah MCB untuk 3 phase adalah 3 jalur karena memang listruk 3 phase punya 3 jalur kabel berarus.

Sobat tidak boleh memasang MCB 1 phase masing-masing 1 jalur dipasang di instalasi listrik 3 phase jika peralatan yang digunakan terdiri dari peralatan 3 phase seperti blower 3 phase, sebab akan merusak blower jika terjadi konsluit salah satu jaringan tersebut.

Berbeda jika menggunakan MCB 3 phase, maka ke 3 MCB tersebut akan langsung strip jika terjadi konsluit, sehingga blower pun aman tak akan rusak.

Cara Pasang MCB ke Stop Kontak

Carang pasang MCB ke Stop Kontak atau ke saklar sama saja. Sobat hanya menghubungkan kabel output dari MCB ke salah satu kutub stop kontak. Sementara kutub yang satunya adalah kabel dari ground.

Demikian tutorial cara pasang MCB listrik lengkap dengan gambarnya. Semoga bermanfaat.



Tag : MCB
Back To Top