Cara Memasang MCB Pengganti Sekring



Cara memasang MCB pengganti sekring dalam artian tidak memakai sekring ataupun memakai sekring itu sama saja. Jika di rumah Sobat sekringnya putus, maka sebetulnya tidak memakai sekring pun bisa, sebab sudah ada MCB sebagai proteksi jika ada konsluiting, sebab memang MCB digunakan untuk tujuan tersebut.

Namun jika Sobat mau mengganti sekring tersebut dengan MCB, maka itu pun tak menjadi masalah, hanya saja berlebihan, kecuali kalau memang daya yang dari PLN nya terlalu besar dan mau diperkecil, maka itu sah-sah saja.

Misalnya daya PLN nya adalah 900 Watt dengan menggunakan MCB 4 Ampere, maka bisa Saya Sobat memasang MCB pengganti sekering dengan nilai 2 Ampere untuk penghematan.

Biasanya sekring itu masih pakai box, jadi biarkanlah boxnya dan buang sekring yang rusaknya sebab kita akan memakai MCB. Kita bisa beli MCB di toko elektronik lokal atau di toko online dan beli tanpa penutup atau casingnya. Peralatan yang harus dipersiapkan antara lain obeng, baud, isolasi dan tespen

Lalu bagaimana cara mengganti sekring dengan MCB ? Sebelum menjelaskan tata cara penggantian atau pemasangan MCB, perlu diperhatikan kabel yang ada.

Ada 6 kabel yang terdiri dari 3 kabel untuk sambungan ke kilometer dan 3 kabel lagi untuk suplai listrik ke rumah, 3 kabel itu terdiri dari hitam, biru dan kuning hijau.

Ketiga kabel power tersebut memiliki peran masing-masing, namun jika di PLN sendiri biasanya kabel hitam digunakan sebagai daya utama, dan nantinya akan dimasukkan ke dalam saklar untuk mematikan atau menghidupkan fungsi listrik.

Berikut ini adalah cara mengganti sekring dengan MCB menurut Root93 :

  • Matikan arus listrik dari PLN / Kilometer terlebih dahulu
  • Buka kotak sekring lama menggunakan obeng
  • Putuskan semua koneksi dari kotak sekring
  • Saat semuanya terputus, siapkan MCB
  • Masukkan kabel hitam dari jalur kilometer ke MCB, serta kabel untuk arus listrik ke rumah pun masukan juga ke MCB. Kabel biru yang tersisa dihubungkan dengan warna biru, dan kuning hijau ke kuning hijau juga.
  • Masukkan kabel hitam ke dalam MCB lalu digerus menggunakan baud yang sudah ada di MCB
  • Hubungkan antar kabel yang tersisa menggunakan tang sebanyak tiga
  • Terakhir, bungkus semua sambungan kabel yang sudah terhubung dengan isolasi

Cara Memasang MCB Pengganti Sekring

(Gambar : https://www.root93.co.id/)

Jika diperlukan, mungkin sebelum menyambungkan kabel bisa mengecek aliran listrik menggunakan Tespen, sekedar untuk memastikan aliran listriknya lancar. Demikian cara memasang MCB tunggal pada box sekring listrik sebagai pengganti sekring yang putus.



Back To Top