Cara Memperkuat Daya Listrik 450 Watt



Tulisan tentang cara memperkuat daya listrik 450 watt ini memang dilatarbelakangi oleh keinginan Saya untuk menaikkan daya listrik 1 paket tanpa harus mengajukan penambahan daya listrik, soalnya nanti kalau diupgrade ke yang lebih tinggi, katanya menjadi semakin mahal.

Hasil penelusuran Saya di Google, memang ketemu solusinya namun Saya belum coba karena memang alat atau bahannya belum ada. Saya lihat di sebuah artikel di Kaskus yang memang ngasih solusi. Solusi dari agan yang satu ini adalah pakai 2 buah lilitan atau kumparan bekas tapi masih bagus.

Caranya, sambungkan kabel (kabel arus pln dan kabel ground yang nyambung ke steker/colokan listrik) ke kumparan tersebut, masing-masing kabel disambung ke kumparan yang berbeda. Kemudian ujung lilitan kawat yang lain disambungkan ke sumber beban atau ke peralatan yang dibutuhkan. Jika masih bingung, silahkan lihat gambarnya :
Cara Memperkuat Daya Listrik 450 Watt
Penggunaan kumparan di atas dimaksudkan supaya lintasan listrik jadi lebih panjang, jadi arusnya muter-muter-muter dulu. Dengan semakin panjangnya lintasan, dimaksudkan supaya lebih kuat buat mengangkat alat yang butuh daya yang besar.

Sementara itu, cara lain dalam memperkuat daya listrik yang 450 watt adalah berdasarkan pengalaman dari blog Tetaps, menyatakan bahwa untuk menguatkan arus listrik di rumah bisa dengan cara menanam kabel ground listrik dari meteran sedalam-dalamnya. Cara ini sudah di praktekkan oleh orang yang berkecimpung di bidang listrik, dan jika Anda penasaran, silahkan coba menyambungkan kabel ground dengan logam tembaga yang dikubur agak dalam. Namun hati-hati sebaiknya ketika menyambungkan ground tersebut, padamkan dulu listri dari MCB-nya biar aman.

Cara terakhir yang menurut Saya agak rumit adalah dengan menggunakan alat yang memang harus dibeli. Alat tersebut bisa berupa PWM dan instalasi relay listrik. Saya tidak menulis secara panjang lebar di sini tentang kedua alat ini karena memang kurang faham cara kerjanya. Namun kalau Anda penasaran, silahkan baca blog sahabat Saya yaitu Lukman dan blog Duwi Arsana.

Saya sendiri akan mencoba yang paling mudah dulu yaitu memperdalam dalam menanam kabel ground saja. Mudah-mudahan sukses.

Artikel lainnya :
alat pembesar daya listrik
skema alat penambah daya listrik
penambah daya listrik dari 900w menjadi 2200w


Back To Top