Harga MCB Listrik 450 Watt



Kalau mengatakan MCB listrik 450 watt sebenarnya kurang tepat, yang benar adalah MCB listrik 2 Ampere dengan kekuatan daya 450 Watt. Maksudnya sebuah instalasi listrik dengan MCB PLN punya besaran arus 2 Ampere, maka batas daya yang bisa dipakai dalam instalasi listrik itu adalah sebanyak 440 Watt minus bukan 450 Watt.

Dari mana angka 440 Watt itu ? Dari rumus daya yakni arus dikali tegangan. Arusnya sendiri adalah besar kapasitas MCB yakni 2 Ampere, sedangkan tegangan PLN yang berlaku di Indonesia adalah 220 Volt dalam teorinya.

Secara praktek, kenyataannya jika diarus dengan voltmeter, tegangan PLN ini kurang dari 220, lebih sering di angka 200 volt. Ini artinya besaran dayanya adalah 400 Watt. Jadi kalau di rumah Sobat yang punya MCB 2 Ampere, ada peralatan pompa air, kulkas, kipas, rice cooker lalu di on-kan secara bersamaan, maka yang terjadi adalah trip MCB alias jeglek.

Intinya jika secara teori daya untuk 2 Ampere itu adalah 440 Watt, tapi secara realnya kurang dari itu. Jadi untuk yang punya banyak peralatan elektronik, lebih baik menggunakannya secara antri bergantian.

Disaat Sobat lagi menanak nasi pakai rice cooker, apalagi kalau malam hari, coba pompa air dan kulkasnya dimatikan dahulu. Dengan cara ini, insya Allah MCB tak akan trip lagi.

Harga MCB Listrik 450 Watt

Harga MCB Listrik 450 Watt

Harga MCB 450 Watt di toko online bervariasi tergantung merknya. Harga MCB merk ternama seperti Schneider atau Merlin Geren jelas lebih mahal dari merk lainnya sebab memang kualitasnya pun bisa diadu.

Sebagai contoh di salah satu pasar online ternama Tokopedia, harga MCB 2 Ampere 1 phase merk Scneider dijual dikisaran Rp 43.000 sampai dengan Rp 81.000. Sementara merk SZMR, Ewig, Pallas, Bright, Itami, Zenith dijual di kisaran harga Rp 9.000 sampai dengan Rp 20.000.

Untuk MCB kelas menengah ada merk Chint, Broco, Multi, ABB yang dijual dikisaran Rp 25.000 sampai denga Rp 50.000.

Di Shopee, ada juga penjual yang menjaul MCB 2 Ampere modifikasi. Kalimnya walaupun MCBnya 2 Ampere, tapi tak akan pernah trip. Harganya lumayan mahal, diatas Rp 150 ribu. Namun Kami sarankan nggak usah beli, soalnya berbahaya dan pastinya bakal kena sanksi PLN jika ketemu.

Demikian info seputar MCB 2 Ampere. Jangan lupa, jika Sobat membutuhkan MCB, silahkan gunakan merk MCB yang bagus sekalian agar lebih awet dan tahan lama.

Artikel terkait :



Tag : harga mcb, mcb listrik
Back To Top